Harmoni Keluarga

Tulisan ini tidak akan berpanjang lebar mengurai makna keluarga. Hanya saja, sekedar mengingatkan kembali bahwa tidak ada satupun tempat yang dapat menentramkan jiwa dan pikiran kita selain Rumah. Di dalam Rumah itulah kita bermuara bertautan satu sama lain antar anggota keluarga yang apabila hubungan di dalam Rumah ini selaras dan harmonis maka output budi pekerti kita juga akan benarbenar baik dan benar.

Keluarga,tentu terjadi di dalamnya pertengkaran kecil yang muncul laiknya riakriak aliran sungai yang toh tetap mengalir ke arah yang sama, menuju Laut. Begitu juga dengan keluarga, apapun perbedaan dan konflik yang meletup, toh semuanya samasama kepingin hidup damai. Tidak mungkin orang yang tidak akrab dan dekat dengan keluarga bisa merasa tentrem.

Karena itulah, kalau kita ingin tahu apakah kita sejatinya bahagia atau sebaliknya, bercerminlah pada keluarga kita sendiri, apakah selama ini kita sudah tentrem, rukun dan hidup damai dengan anggota keluarga sendiri ataukah justru kita malah sibuk mengumbar dengki, saling menonjolkan diri dan saling menjatuhkan.

Saya rasa cukup dengan dirasa, atau memori kita pastinya selalu merekam keributankeributan yang pernah terjadi. Makanya, kalau ingin bahagia, ya pertama harus bisa bahagia dulu dengan keluarga.Kalau mengabaikan hal ini, pasti ada dendam yang dipiara. Waduhhh….

image : http://www.FreeDigitalPhotos.net

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: