Melepas Penat

Di kota tempat penulis tinggal, setiap Kamis sore hingga Jum’at malam arus lalu lintas pasti padat kalau tidak hujan. Orang-orang ini mau kemana sebenarnya? Penulis mencatat ada 3 tujuan yang akan mereka tuju. Kelompok pertama adalah pelepas penat, mereka umumnya para pekerja (tidak terkecuali para pelajar) yang tentu ingin melepas kebosanan efek rutinitas sehari-hari mereka. Tujuan mereka ya itu tadi, melepas kepenatan. Karena sudah punya agenda melepas kepenatan, pastinya mereka menentukan titik koordinat yang sangat detail. Alasannya, kalau salah memilih tempat, bukan kesegaran jiwa yang dirasa tetapi makin menambah berat penat yang ada. Karena alasan inilah, mereka betulbetul cermat memilih tempat pelepasan penat mereka.

Kelompok kedua adalah mereka yang memang punya budget cukup untuk secara teratur refreshing baik secara mingguan, bulanan bahkan harian. Kelompok ini sekedar pencari hal-hal baru di tempat yang baru pula. Biasanya kelompok ini cepat bosan dengan halhal yang ituitu saja. Makanya mereka tidak melewatkan hari Kamis hingga Jum’at malam untuk bersenangsenang. Kelompok ini didominasi oleh kalangan menengah keatas.

Kelompok ketiga ini tidak punya kepenatan dan tidak punya rasa bosan, akibatnya mereka hilirmudik ya karena memang ada keperluan baik keperluan mendadak atau yang sudah terjadwal. Kelmpok ini juga terdapat kalangan yang tidak punya agenda apalagi motivasi mau pergi kemana, makanya jangan heran kalau kita telusuri ternyata ya cuma mutermuter saja gak tentu arah. Bingung, tidak tau kemana dan hanya memadati jalan raya adalah ciri khas dari kalangan bingung ini.

Persoalannya, kenapa hanya setiap Kamis sore hingga Jum’at malam? apakah karena para pekerja sebagian besar menerima gaji mereka pada hari Kamis sore atau memang tradisi dari jaman dulu kala? Penulis belum menemukan jawabnya. Yang penting dicatat adalah mobilitas masyarakat di Kota penulis pada harihari tersebut berdampak baik bagi para pedagang dan penyedia jasa karena daya beli mereka yang relatif tinggi.

Penulis tinggal di Pekalongan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: